Déjà vu & Reinkarnasi

jadi kemaren gue sama temen sekelas gue yang terdiri dari Suci, Ladesi, Firdiana, Dio, Nabila, Ridwan, Dian pergi buat survey tempat buat BTS (serita di lain entry) nah kita semua naik pake mobil nya Firdi, yang duduk paling belakang itu Dio, gue sama Ladesi nah pas perjalanan si Dio tiba-tiba bilang ih gue Déjà vu. gue bilang ah Déjà vu udah biasa, coba lo denger tentang Reinkarnasi. serem deh, eh yaudah akhirnya gue ceritain ke mereka garis besar nya apa. jadi sekarang gue mau nulis tentang Déjà vu dan Reinkarnasi tersebut.
- Déjà vu
     pernah ngga sih ngerasain yang nama nya Déjà vu ? kamu merasa familiar dengan sebuah situasi atau kejadian? feels like you've been there and done that before. perasaan familiar itu bisa berasal dari banyak hal kayak orang-orang yang ada di sekitarmu, detail tempat, adegan, kata-kata atau atmosfir peristiwa. padahal kalo emang di pikir-pikir lagi, kita baru pertama kali ngerasain kejadian tersebut.Déjà vu adalah sebuah frasa Perancis dan artinya secara harafiah adalah "pernah lihat". Maksudnya mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para (παρα) yang artinya adalah "sejajar" dan mnimi (μνήμη) "ingatan". Menurut para pakar, setidaknya 70% penduduk bumi pernah mengalami fenomena ini. menurut ahli psikoanalisis terkenal, Sigmund Freud, Déjà vu terjadi saat seseorang secara spontan teringat kembali pada sebuah fantasi yang sebelumnya pernah dia ciptakan, namun tidak disadarinya.  Karena tidak disadari, maka yang bisa diingat hanya sepintas saja. beberapa kemiripan dengan peristiwa lain yang mangakibatkan otak mengalami sebuah loncatan memori selama sekian detik.


- Reinkarnasi
      (dari bahasa Latin untuk "lahir kembali" atau "kelahiran semula") atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil pebuatannya terdahulu. contoh kejadian yang disebut Reinkarnasi adalah sebagai berikut; 
Cameron Macaulay :

Cameron Macaulay
   Pada tahun 2006, dunia dikejutkan oleh anak laki-laki asal Inggris berusia 6 tahun yang senang bercerita tentang ibu dan juga rumahnya. Bukan hal aneh seandainya yang Cameron ceritakan masih seputar kehidupan nya yang sekarang. Tapi yang Cameron maksudkan adalah ibu dan rumahnya di masa lalu! Cameron yakin bahwa di masa lalu dia tinggal di sebuah rumah pinggir pantai bercat putih di pulau Barra bersama ayah, ibu dan 2 kakaknya. Suatu kehidupan yang sama sekali berbeda dengan kehidupan yang ia jalani sekarang dan Cameron belum pernah menginjakkan kaki di pulau Barra. Cameron juga sering mengeluhkan kamar mandi rumahnya yang hanya ada satu, nggak seperti rumahnya dulu yang punya 3 kamar mandi. Karena terus merengek ingin ke pulau Barra, akhirnya orang tau Cameron membawa nya ke sana. Sampai di sana, semua yang mengantarnya kaget melihat suasana pulau Barra yang persis seperti yang sering di ceritakan Cameron. dan rumah bercat putih itu punya 3 kamar mandi! Akirnya semua orang percaya bahwa Cameron memang hasil Reinkarnasi dari sebuah kehidupan di masa lalu. 


Tang Jiangshan 
      Majalah Femina Dunia Timur dari propinsi Hai Nan – Tiongkok telah memuat sebuah kisah reinkarnasi yang mengharukan, mengkisahkan pengalaTang Jiangshan lahir pada tahun 1976, sewaktu berumur 3 tahun pada suatu hari ia tiba-tiba mengatakan kepada kedua orangtuanya: “Saya bukan anak kalian, pada kehidupan lampau nama saya adalah Chen Mingdao, ayah kehidupan lampauku bernama San Die. Rumah saya di Dan Zhou, dekat laut.” Omongan ini kalau didengar orang lain bagaikan omong kosong, perlu diketahui, Dan Zhou terletak di utara pulau Hai Nan, berjarak 160 km dari kota Dong Fang. 

Selain itu Tang Jiangshan mengatakan bahwasanya dirinya dibunuh dengan menggunakan golok dan tombak di dalam aksi kekerasan pada masa revolusi kebudayaan, konon di bagian pinggangnya masih terdapat bekas luka bacok peninggalan kehidupan masa lalu. Yang membuat orang merasa takjub ialah Tang Jiangshan mampu berbicara dialek Dan Zhou dengan sangat fasih. Orang Dan Zhou berbicara bahasa Jun, berbeda sekali dengan dialek Hok Kiannya kota Dong Fang, seorang bocah berumur beberapa tahun bagaimana bisa? 

Pada saat Tang Jiangshan berumur 6 tahun, mendesak keluarga membawanya mengunjungi kerabatnya pada kehidupan masa lampau. Keluarganya tidak mau, maka ia mogok makan, akirnya sang ayah menurutinya, dan di bawah pengarahannya berkendaraan menuju tempat dimaksud di desa Huang Yu, kecamatan Xin Ying – kota Dan Zhou. Tang Jiangshan langsung menuju ke hadapan pak tua Chen Zan Ying, menggunakan bahasa Dan Zhou dan memanggilnya “San Die”, mengatakan dirinya bernama Chen Mingdao, adalah putra Chen Zan Ying yang pada masa revolusi besar kebudayaan oleh karena bentrokan fisik sehingga dibinasakan orang. Sesudah meninggal terlahir kembali di kecamatan Gan Cheng – kota Dong Fang, kini datang mencari orang tua kehidupan masa lampaunya.

Mendengar penuturan itu, Chen Zan Ying sejenak tertegun tak tahu bagaimana harus bersikap. Kemudian si anak kecil menunjukkan kamar tidur kehidupan masa lampaunya, dan menghitung satu persatu benda-benda pada kehidupan lampaunya. Menyaksikan semuanya ini dengan kenyataan pada masa lalu sama sekali tidak meleset, pak tua Chen Zan Ying saking terharunya berpelukan menangis dengan Tang Jiangshan dan memastikan ia memang adalah kelahiran kembali anaknya yang bernama Chen Mingdao.

Tang Jiangshan juga telah mengenali kedua kakak perempuan dan kedua adik perempuannya serta para sobat kampung lainnya, bahkan termasuk teman wanita pada kehidupan masa lampaunya: Xie Shuxiang. Semua kejadian ini telah membuat takluk kerabat dan tetangga Chen Mingdao. Sejak saat itu, “Manusia aneh dari 2 masa kehidupan”: Tang Jiangshan memiliki 2 rumah dan 2 pasang orang tua. Ia setiap tahun hilir mudik antara Dong Fang dan Dan Zhou. Si tua Chen Zan Ying beserta keluarga dan orang-orang desa pada menganggap Tang Jiangshan sebagai Chen Mingdao. Oleh karena Chen Zan Ying tidak memiliki putra lainnya, Tang Jiangshan berperan menjadi anaknya dan berbakti hingga tahun 1998 ketika Chen Zan Ying meninggal dunia. 

Dorothy Eady
  Wanita Inggris yang mengalami fenomena reinkarnasi. Fenomena ini sangat menggemparkan Inggris dan Mesir. Satu-satunya manusia yang dilaporkan mengalami reinkarnasi dengan seorang tokoh “biarawati” pelayan kuil Osiris di zaman Firaun Seti I Mesir Kuno dari masa 1320–1200 sebelum Masehi. Ia kemudian dikenali sebagai ‘Omm Sety’ (Ibu Sety, karena anaknya bernama Sety).
Ceritanya.. Saat Dorothy Eady berusia 3 tahun, di London sana, ia mengalami sebuah insiden, ia terjatuh dari lantai atas rumahnya. Ia mengalami koma dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia karena semua organ tubuhnya tidak berfungsi lagi. Tetapi, ketika ia disemayamkan, anak perempuan itu tiba-tiba bangkit kembali dari kematian dalam kondisi segar bugar.

Tak ada yang tahu bahwa pintu dimensi dari masa lalu telah terbuka dan sebuah jiwa dari masa Mesir Kuno menempati tubuh Dorothy kecil yang hampir kaku. Tetapi sejak vonis kematiannya, ia hidup kembali dengan memiliki kepribadian yang berbeda sama sekali dari sebelumnya.
Bocah 3 tahun ini memiliki kepribadian yang jauh lebih dewasa dan selalu bermimpi tentang kuil-kuil Mesir Kuno. Ia selalu bercerita tentang Mesir Kuno, dinasti Firaun Seti I. Ia juga mampu mendeskripsikan kehidupan di sekitar kuil Mesir Kuno seribuan tahun sebelum masehi. Anehnya, ia juga selalu menuntut ayah ibunya untuk memulangkannya ke tempat tinggalnya. Ayah dan ibunya sama sekali tak mengerti maksud putri mereka tentang “pulang ke tempat tinggalnya”. Ia pintar dalam literatur Mesir, mengalahkan para ahli Mesir. 

Jadi arti kalo udah ada contoh kejadian nya ngerti kan? serem juga loh Reinkarnasi itu. banyak beberapa ilmuwan yang bikin penyelidik ilmiah, contoh nya Albert de Rochas, seorang peneliti Prancis yg pertama memakai metode ini dan membuktikan bahwa meski orang bisa menceritakan kehidupan masa lampau nya.

  • informasi dari :  - Wikipedia  
       - this blog
                                        and Gogirl! Magazine Juli 2009.

Category:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

asd

body { cursor:url("http://i49.tinypic.com/flvjtl.gif"),text;